null

null

Date Placeholder
New Energy Nexus has taught me to be more realistic in strategizing our business sustainability. Therefore through the program, I learned that strategic skills and measuring impact through our work are essential. Our business should think about how we can positively impact society and the environment.
Nimas Pratiwi
Director of BLUE
We are grateful for the Funds from Nexus and IKEA foundation, as it has strengthened our operational capabilities to bring 100% clean energy to vulnerable communities in remote areas across Indonesia.
Robin Pho
CEO of RPRE
Support from New Energy Nexus has enabled us to develop a clear business plan, develop our company culture and made us more confident and resilient.
Dr. Sarah Hobgen
Managing Director of Sumba Sustainable Solutions
Nexus Energy (through CalCEF) had a wealth of experience in investing in global commercial and industrial (C&I) rooftop companies as well as many promising Indonesian Solar Construction Companies. We are thrilled to have them onboard to accelerate our learning and collaboration with the other Nexus portfolio companies. Through this funding, we plan to continue expanding our Solar Rooftop pipeline to accelerate the implementation of the use of Solar Energy in Indonesia.
Eka Himawan
Managing Director of Xurya Daya Indonesia
We are very grateful for the opportunity to work together with New Energy Nexus. We will use the fund to build innovative products and ecosystems needed to increase the number of solar system users in Indonesia.
Amarangga Lubis
CEO of SolarKita
prev next

Global Impact Report 2023

New Energy Nexus bekerja mendukung ekosistem energi bersih di berbagai area di dunia. Dengan pengalaman selama 20 tahun, kami menyediakan akses akselerator, pendanaan, dan pelatihan kelas untuk membantu beragam wirausahawan membangun 100% ekonomi energi bersih dalam waktu sesingkat mungkin. Di Indonesia, kami memulai intervensi dengan menyelenggarakan program inkubasi dan akselerasi bisnis. Bentuk dukungan kami semakin berkembang. Pada tahun 2023, kami mengadakan pelatihan inovasi untuk perusahaan, penelitian tentang investasi iklim, dan memberikan analisis advokasi kebijakan. Upaya-upaya ini didukung oleh berbagai pemangku kepentingan, mitra kolaborasi, dan donor.

Peran Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam Mendukung Ekosistem Startup Teknologi Energi Bersih ( Startup Cleantech ) di Jawa Timur

Sebagai pengekspor utama listrik untuk Jawa-Bali, Provinsi Jawa Timur ternyata memiliki potensi energi terbarukan yang signifikan. Namun, sayangnya, Jawa Timur masih menghadapi tantangan dalam mencapai target bauran energi baru terbarukan (EBT) yang ditetapkan dalam Rancangan Umum Energi Daerah (RUED) Provinsi Jawa Timur. Di sisi lain, beberapa kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Timur masih sangat bergantung pada Dana Bagi Hasil (DBH) minyak dan gas. Oleh karena itu, diversifikasi ekonomi yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di Jawa Timur menjadi suatu keharusan. Policy Brief ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi mengenai adopsi teknologi energi bersih, khususnya melalui pengembangan ekosistem startup teknologi energi bersih di Jawa Timur.

Peran Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam Mendukung Ekosistem Startup Teknologi Energi Bersih (Startup Cleantech) di Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat, sebagai kawasan padat industri dan eksportir tenaga listrik di Pulau Jawa, memiliki potensi yang besar untuk mereduksi emisi melalui adopsi teknologi energi bersih. Namun, provinsi ini masih memiliki banyak pada tantangan untuk bertransisi energi; seperti kebergantungan pada sumber daya fosil, belum adanya arahan industri hijau, serta rendahnya transportasi publik. Policy brief bertujuan untuk memberikan rekomendasi kebijakan yang dapat dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan adopsi teknologi energi bersih, utamanya melalui dukungan untuk ekosistem startup teknologi energi bersih di Jawa Barat. Policy brief ini akan secara rinci membahas tantangan dan peluang yang dihadapi oleh setiap pemangku kepentingan terkait, serta merinci bagaimana kolaborasi di antara mereka dapat memperkuat ekosistem startup teknologi energi bersih di Jawa Barat.

Peran Pemerintah Daerah DI Yogyakarta dalam Mendukung Ekosistem Startup Teknologi Energi Bersih (Startup Cleantech) di Provinsi DI Yogyakarta

Provinsi DI Yogyakarta (DIY) memiliki berbagai potensi dalam mengembangkan ekosistem startup cleantech lokal. Mulai dari potensi sumber daya alam hingga sumber daya manusia unggul yang melimpah. Saat ini, Ekosistem startup cleantech, seperti pelaku usaha, inkubator swasta maupun universitas, sudah mulai tumbuh. Namun pertumbuhan startup cleantech masih menghadapi berbagai tantangan. Beberapa tantangan tersebut antara lain regulasi yang belum cukup mendukung, kurangnya fasilitas dan akses pendanaan, serta kurangnya talenta lokal di bidang energi bersih. Untuk mengatasi ini, policy brief ini memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Daerah DIY serta best practises dari level nasional hingga internasional sebagai referensi bagi Pemda dalam mendukung ekosistem startup cleantech di DIY.

Startup teknologi energi bersih: Solusi transisi energi dan polusi udara di DKI Jakarta

Sebagai pusat bagi beragam modal ventura, inkubator bisnis, lembaga swadaya masyarakat, dan lembaga pemikiran strategis, tidak ada alasan bagi startup yang berkontribusi pada mitigasi emisi karbon untuk tidak tumbuh di Jakarta. Lebih lanjut, Jakarta dihadapkan pada tantangan yang serius terkait polusi udara. Policy brief ini memberikan rekomendasi kebijakan yang dapat diadopsi oleh pemerintah DKI Jakarta untuk mengatasi permasalahan lingkungan, khususnya dalam konteks polusi udara, dengan mengoptimalkan upaya transisi energi melalui pemberdayaan startup cleantech lokal. Selain memberikan gambaran ekosistem startup cleantech di wilayah Jakarta, policy brief ini juga mencakup tantangan dan potensi pengembangannya, dilengkapi dengan studi kasus sukses dari kota-kota besar lainnya.

Peran Pemerintah Provinsi Bali dalam Mendukung Ekosistem Startup Teknologi Energi Bersih (Startup Cleantech) di Pulau Dewata

Pulau Dewata yang dikenal sebagai salah satu destinasi unggul pariwisata di Indonesia, menyimpan banyak potensi energi terbarukan di dalamnya. Menyikapi hal ini, Provinsi Bali telah menjadi daerah yang telah memiliki target Net Zero Emission pada 2045, 15 tahun lebih cepat dibanding target nasional, serta dilengkapi dengan regulasi pengembangan energi terbarukan dan kendaraan listrik. Tidak hanya itu, berbagai inovasi startup teknologi energi bersih (startup cleantech) juga muncul di Provinsi ini. Namun, upaya para founder dalam mengembangkan startupnya dan membantu target NZE daerah menghadapi berbagai tantangan, mulai dari regulasi, pengembangan teknologi, hingga pendanaan. Melalui policy brief ini New Energy Nexus Indonesia menjabarkan kondisi ekosistem startup cleantech di Bali, seperti tantangan, peluang, dan rekomendasi yang dapat dilakukan oleh Pemprov Bali dalam mendukung perkembangan ekosistem startup cleantech di Bali sebagai aktor utama NZE Bali 2045.

Clean energy technology startups in Indonesia: How the government can help the ecosystem

Penggunaan energi bersih semakin meningkat secara global, dan startup teknologi energi bersih berperan penting dalam inovasi energi bersih serta pertumbuhan ekonomi. Laporan kami akan membuka wawasan tentang peluang dan hambatan yang dihadapi oleh berbagai pihak di dalam ekosistem startup teknologi energi bersih di Indonesia - startup, inkubator, investor, pemerintah, LSM - dan langkah-langkah strategis yang perlu diambil oleh pemerintah Indonesia untuk mendukung pertumbuhan ekosistem ini. Temukan praktik terbaik dari seluruh dunia yang dapat membantu pemerintah Indonesia menyesuaikan dukungan terhadap ekosistem dalam laporan kami.

Investors’ Drives for Clean Energy and Impact Investment as part of Climate Solutions

Melalui INTRA, ANGIN bekerja sama New Energy Nexus Indonesia mengembangkan laporan dan analisis tentang Motivasi Investor untuk Energi Bersih dan Investasi Berdampak di Indonesia. Laporan ini disusun berdasarkan penelitian pustaka dan wawancara dengan investor terpilih untuk menjawab pertanyaan utama tentang apakah investor ingin berinvestasi di sektor energi bersih di Indonesia, apa yang memotivasi mereka, dan area yang menjanjikan untuk dijajaki.

Funding Fact Sheet Vol 2 March 2022

New Energy Nexus bertujuan untuk mendukung beragam wirausaha guna mendorong inovasi dan membangun kesetaraan dalam perekonomian energi ramah lingkungan global.

Funding Fact Sheet 2021

New Energy Nexus bertujuan untuk mendukung beragam wirausaha guna mendorong inovasi dan membangun kesetaraan dalam perekonomian energi ramah lingkungan global.

Indonesia Impact Report 2022

Tahun 2022 merupakan tahun penting bagi tim New Energy Nexus Indonesia. Kami akhirnya bisa menyelenggarakan festival startup energi ramah lingkungan pertama dan terbesar di Indonesia, [RE]Spark. Kami menyambut lebih dari 1100 pengusaha, investor, pelajar, birokrat pemerintah, dan media. Hal ini jelas merupakan sorotan terbesar dari acara penjangkauan kami, seiring kami terus mencari cara untuk menginspirasi para inovator, startup, dan wirausahawan energi ramah lingkungan dari seluruh Indonesia untuk mengembangkan solusi guna mengatasi tantangan kehidupan nyata.

Indonesia Impact Report 2021

Pada tahun 2021 saja, kami bangga telah mendukung 22 startup energi bersih dan inovasi iklim melalui program energi cerdas dan investasi kami, serta 10 startup akses energi melalui jalur pra-inkubasi kami. Dan kami juga berhasil menyelenggarakan total 40 acara penjangkauan termasuk [RE]Energize Hackathon 2021 tahunan kami. Jadi, ini adalah tahun yang besar!

Indonesia Impact Report 2020

Pada akhir tahun 2020, New Energy Nexus Indonesia telah mengidentifikasi dan mendukung 45 startup energi ramah lingkungan. Sektor-sektor utama yang ditangani adalah biomassa, energi surya, serta efisiensi dan pengelolaan energi.

Percepatan Transisi Energi dan RUU EBET: Tanggapan atas Daftar Inventarisasi Masalah Rancangan Undang-Undang Energi Baru dan Energi Terbarukan 2022

Policy brief ini menyajikan wawasan dan rekomendasi dari sudut pandang Komunitas Startup Teknologi Energi Bersih (KSTEB) mengenai Rancangan Undang-Undang Energi Baru dan Energi Terbarukan (RUU EBET) 2022 serta implikasinya terhadap percepatan transisi energi di Indonesia. Komunitas kami mengakui peran sentral dari Rancangan Undang-Undang Energi Baru dan Energi Terbarukan 2022, terutama mendorong aspek transformasi ekonomi berbasis energi berkelanjutan dan membentuk lanskap energi masa depan. Startup teknologi energi bersih memiliki peran sentral bagi RUU EBET. Mereka mendorong inovasi, fleksibel dan cepat terhadap perubahan pasar, dan menawarkan solusi yang terlokalisasi. Insentif dalam RUU seharusnya mendukung inovasi teknologi, memfasilitasi akses pendanaan, dan mendorong kolaborasi dengan dunia akademik dan industri energi terbarukan. Mendukung startup akan mempercepat transisi energi, mendorong penciptaan lapangan kerja, dan memperkuat pembangunan rendah karbon, hal ini menjadikan peran mereka dalam RUU EBET penting untuk masa depan energi yang berkelanjutan.