Inovasi Iklim Belajar Bisnis Matangi BALI

Dampak perubahan iklim global yang dirasakan di Pulau Dewata

Cuaca di Bali semakin terik dan tidak stabil?

Perubahan iklim adalah tantangan serius. Bukan hanya dampak lingkungan, perubahan iklim memengaruhi aspek ekonomi dan sosial, kesenjangan dan kelangkaan akibat dari perubahan iklim nyata adanya. Ancaman ini tercermin dalam peningkatan frekuensi kejadian cuaca ekstrem seperti panas extrem, kekeringan, badai, atau banjir, yang dianggap sebagai isu prioritas global. Dampaknya akan bervariasi di berbagai wilayah, generasi, kelompok pendapatan, dan profesi, serta gender dalam pemenuhan kebutuhan dasar.

perempuan dan generasi muda, khususnya yang berada di wilayah marjinal, sering kali menjadi kelompok yang paling terdampak dari akibat perubahan iklim karena keterbatasan sumber daya,

Kembangkan inovasi dan bisnis atasi perubahan iklim

Kembangkan potensi bisnis & inovasi dalam Kursus Kewirausahaan Berorientasi Iklim. Jadi bagian yang turut bergerak atasi tantangan global saat ini.

Apa itu Matangi Bali?

Dalam bahasa Bali “Matangi” artinya “bangun,” mencerminkan esensi menghidupkan kembali kehidupan masyarakat Bali dan kehidupan yang menyatu dengan alam. Matangi Bali bertujuan untuk mengembangkan pendekatan inovatif dan berwirausaha yang mempromosikan penciptaan pertumbuhan hijau di Bali.

Kami melibatkan partisipasi komunitas, mendorong semua pemangku kepentingan – termasuk perempuan, laki-laki, kaum muda, pemerintah, dan komunitas lokal – untuk merangkul potensi dan mengembangkan kepemimpinan secara organik. Upaya ini memastikan bahwa beragam suara berkontribusi pada solusi berkelanjutan yang mengatasi perubahan iklim secara efektif.

Yuk sama-sama kita bikin perubahan positif, bikin Bali lebih rendah emisi bareng #NEXMatangiBali #KoalisiBaliENB.

Menuju Bali Emisi Nol Bersih 2045

Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai emisi nol bersih pada 2060 atau lebih awal pada 2050. Komitmen ini memerlukan kerja nyata dan cerdas untuk membuktikan bahwa rencana dan aksi mitigasi perubahan iklim telah berjalan sesuai kebijakan maupun program yang ada.

Lewat peluncuran inisiatif Emisi Nol Bersih Bali 2045 pada Agustus 2023, Provinsi Bali berkomitmen untuk menjadi provinsi terdepan dalam mencapai target emisi nol bersih pada 2045. Komitmen ini adalah upaya nyata dari Peraturan Gubernur Bali No.45 tahun 2019 tentang Energi Bersih Bali sekaligus tonggak awal perjalanan pembangunan hijau di Pulau Dewata.

Bagaimana Perempuan & Kaum Muda dapat menghadapi tantangan Iklim

Generasi muda dan perempuan adalah di antara yang paling rentan terhadap dampak krisis iklim. Kini, sudah saatnya kelompok ini harus menjadi pusat perhatian dalam upaya perubahan dan pencarian solusi.

Perempuan berperan penting dalam mengedukasi generasi muda, meningkatkan kesadaran lingkungan sejak dini, serta menjadi contoh bagi keluarga dan masyarakat sekitar. Di sisi lain, generasi muda, terutama milenial dan generasi Z, dianggap sebagai agen perubahan yang dapat melakukan tindakan nyata dalam mengatasi perubahan iklim, didukung oleh akses luas terhadap informasi melalui teknologi digital.

Informasi dan pertanyaan:
indonesia.pm@newenergynexus.com

Tasya, Executive Director dan Co-Founder di Biorock Indonesia, termotivasi untuk mengembangkan Biorock Indonesia karena ingin anak-anaknya tetap menikmati keindahan terumbu karang. Kini, Biorock Indonesia merestorasi ekosistem terumbu karang dengan arus listrik tenaga surya.

Alfina, sebagai CEO Griya Luhu, bersama dengan tim muda memberdayakan masyarakat setempat untuk mengelola limbah di sekitarnya dengan menggunakan aplikasi digital.

Nadea, CEO dan Co-Founder dari Azura Indonesia, berkomitmen pada peralihan energi berkelanjutan di komunitas pesisir dengan memperkenalkan mesin kapal jukung elektrik yang bertenaga surya.

“Sebagai satu-satunya pemimpin perempuan di antara rekan-rekan saya, saya sungguh percaya bahwa lingkungan inklusif, serta dikelilingi oleh sekutu pria yang mendukung dapat secara signifikan meningkatkan bisnis kita dan menciptakan dampak yang lebih besar bagi komunitas.”

 

 

Nungky Adzani
Chief marketing officer bendega

BERKOLABORASI DENGAN

DIDUKUNG OLEH